Buat Kamu Yang Jualan Online Jangan Asal Pasang Harga

Cara Menentukan Harga Jual Suatu Produk untuk bisnis online atau offline. kami akan berbagi sedikit ilmu yang menurut kami sangat mempengaruhi pisikologi calon pembeli terhadap barang atau produk yang kamu jual di marketplace atau website sendiri.


Odd Pricing (Ganjil)
Strategi penetapan harga seperti ini memang seringkali terlihat digunakan baik di dunia nyata maupun dunia maya dan seringkali digunakan oleh perusahaan-perusahaan di masa modern ini. Strategi seperti ini adalah menetapkan harga yang ganjil dengan sedikit dibawah harga jual yang ditentukan yang bertujuan agar psikologi konsumen mengira bahwa harga produk tersebut lebih murah. Sebagai contoh Sebuah sandal wanita dijual dengan harga Rp. 2.999.000 sehingga dimata konsumen harga sandal wanita tersebut terlihat seperti Rp. 2.900.000 dan tidak terlihat seperti harga hp yang berharga tiga juta.
 Multi Unit Pricing 
Strategi psikologi harga yang seperti ini yaitu menetapkan harga dengan memberi potongan tertentu apabila konsumen membeli suatu produk dengan lebih banyak. strategi seperti ini seringkali bisa kita lihat di supermarket ataupun di minimarket seperti potongan diskon 10% bila membeli lima produk dan sejenisnya.
Prestige Pricing
Stategi ini  yaitu dengan menetapkan harga yang tinggi dengan harapan membetuk image atau citra produk tersebut berkualitas tinggi dan memiliki nilai yang lebih dari produk biasanya sehingga terlihat seperti spesial. Sebagai contoh dari penetapan harga seperti ini yaitu kendaraan motor mewah,  jam tangan mewah dan barang mewah lainnya.
Leader Pricing
Strategi jenis ini adalah menetapkan harga dibawah harga pasar untuk meningkatkan daya jual dan jumlah pembelian dari konsumen. Sebagai contohnya adalah produk-produk ponsel buatan china, produk lokal sandal murah umumnya menawarkan harga yang murah namun dengan spesifikasi hp yang memuaskan.
Price Buillding
Strategi seperti ini yaitu lebih ke pemasaran dua atau lebih sebuah produk dalam satu kemasan tunggal dengan harga yang khusus, sebagai contoh adalah produk parcel lebaran yang menawarkan aneka jenis produk di dalamnya.

Komentar